Rabu, 30 Oktober 2019

FDMA (Frequency Division Multiple Access)


FDMA


FDMA adalah sistem multiple access yang menempatkan seorang pelanggan pada sebuah kanal berbentuk pita frekuensi (frequency band) komunikasi. Jika satu pita frekuensi dianggap sebagai satu jalan, maka FDMA merupakan teknik “satu pelanggan, satu jalan”.


Pada saat pelanggan A sedang menggunakan jalan itu, maka pelanggan lain tidak dapat menggunakan sebelum pelanggan A selesai. Jadi, kalau dalam waktu yang bersamaan ada 100 pelanggan yang ingin berkomunikasi dengan rekannya, maka sudah tentu diperlukan 100 pita frekuensi.




FDMA - Memberikan pengguna Alokasi Individu satu atau beberapa Band Frekuensi atau Saluran. Koordinat akses antara beberapa pengguna. Alternatif TDMA, CDMA.Protokol yang digunakan berbeda, pada tingkat yang berbeda dari Model OSI.



FDMA - Berbeda dari Pembagian Frekuensi Duplexing (FDD). Memungkinkan beberapa pengguna akses simultan ke sistem transmisi, FDD mengacu pada bagaimana saluran radio dibagi antara Uplink dan Downlink (Lalu lintas akan bolak-balik antara ponseldan base).

Frekuensi-Division Multiplexing (FDM) berbeda dari FDMA

FDM - Teknik Lapisan Fisik yang menggabung kan dan mengirimkan saluran-bandwidth rendah melalui saluran-bandwidth tinggi. di sisi lain, metode akses pada Lapisan Data-Link.

FDMA - Mendukung tugas permintaan di samping tugas tetap. Permintaan tugas memungkinkan semua pengguna akses terus menerus dari Spektrum Radio dengan menetapkan Frekuensi Carrier sementara menggunakan proses tugas statistik. FDMA Sistem permintaan-tugas pertama Satelit  COMSAT pada seri IVA Intelsat dan Satelit V.

FDMA - Setiap pengguna berbagi kanal frekuensi atau transponder satelit secara bersamaan; 
Namun, setiap pengguna mentransmisikan pada frekuensi tunggal.
—   Kompatibel dengan sinyal digital dan analog.
—   Filter sangat efisien dalam hardware radio, bertentangan dengan CDMA dan TDMA.
—   Tanpa masalah waktu yang ada di TDMA. Sebagai hasil dari penyaringan frekuensi, 
—   Tidak Rentan terhadap masalah jauh dekat-yang ada di CDMA.
—   Semua pengguna mengirim dan menerima pada frekuensi yang berbeda karena setiap pengguna menerima sebuah slot frekuensi individu.

Salah satu kelemahan dari FDMA adalah Crosstalk, yang dapat menyebabkan Interferensi antara Frekuensi dan mengganggu transmisi.


DUA TEKNIK UTAMA

Frekuensi Division Multiple Access (FDMA) - Salah satu analog yang paling umum beberapa metode akses. Pita frekuensi dibagi menjadi saluran bandwidth yang sama sehingga setiap percakapan dilakukan pada frekuensi yang berbeda.
Multi-Channel Per-Carrier (MCPC)
Dengan beberapa saluran per carrier (MCPC), beberapa subcarrier digabungkan atau multiplexing menjadi bitstream tunggal sebelum dimodulasi ke pembawa ditularkan dari satu lokasi ke satu atau lebih lokasi terpencil.

Menggunakan time-division multiplexing (TDM) serta frekuensi-division multiplexing.

Single-Channel Per-Carrier (SCPC)
Mengacu menggunakan sinyal tunggal pada Frekuensi tertentu dan Bandwidth. Digunakan pada satelit siaran untuk menunjukkan bahwa stasiun radio tidak multiplexing sebagai subcarrier ke pembawa video tunggal, melainkan secara independen berbagi Transponder.

Dapat digunakan pada satelit komunikasi lain, atau kadang-kadang pada transmisi non-satelit.

Metode FDMA, Guard Band yang digunakan antara spektrum sinyal yang berdekatan untuk meminimalkan Crosstalk antara saluran. Band Frekuensi tertentu diberikan kepada satu orang dan akan diterima dengan mengidentifikasi masing-masing frekuensi di akhir penerimaan.


KEUNTUNGAN

Sistem FDMA menggunakan bit rate rendah (Waktu simbol besar) dibandingkan dengan rata-rata delay spread, menawarkan keuntungan sebagai berikut
—  Mengurangi informasi bit rate dan penggunaan kode numerik efisien meningkatkan kapasitas.
—  Mengurangi biaya dan menurunkan gangguan simbol antar (ISI)
—  Persamaan tidak perlu.
—  Sistem FDMA dapat dengan mudah diimplementasikan.
—  Sistem dapat dikonfigurasi sehingga perbaikan dalam hal encoder 
      dan pengurangan bit rate dapat dengan mudah dimasukkan.
—  Karena transmisi kontinu,  jumlah bit yang diperlukan untuk Sinkronisasi dan Framing.

KEKURANGAN

FDMA Tidak berbeda secara signifikan dari sistem analog; meningkatkan kapasitas tergantung pada pengurangan sinyal-to-gangguan, atau rasio signal-to-noise (SNR).
—  Laju aliran maksimum per saluran tetap dan kecil.
—  Penjaga pita menyebabkan pemborosan kapasitas.
—  Hardware menyiratkan Filter Narrowband, yang tidak dapat diwujudkan dalam VLSI 
      Karenanya meningkatkan biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar